PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
“JAMUR CRISPY LEVEL”
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Dr. Drs. Sukirman, S.pd.SH.MM
Di susun oleh :
Nama : Devi Sylvia Sani
NIM : 201511204
Kelas : 4D
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017/2018
ABSTRAKSI
Usaha saya ialah menjual jajanan atau makan yaitu jamur “JAMUR CRISPY LEVEL” yang sampai saat ini masih jarang kita jumpai di kota Kudus ini. Ada beberapa yang menjual jamur crispy namun mereka kebanyakan hanya menjual yang original atau tanpa di tambah berbagai macam pilihan rasa. Dan saya mempunyai ide untuk menjual makanan ini agar orang-orang tidak bosan. Namun saya hanya menjual jamur crispy ini di rumah dan dapat di kalukan pemesanan dan pengiriman melaluai online, tetapi hanya untuk area kudus saja. Pertama-tama saya menjajakan jamur crispy saya kepada teman-teman saya, agar saya juga tau bagaimana tanggapan mereka tentang jamur crispy yang saya buat. Apakah akan diminati banyak orang atau tidak. Atau bisa di katakana laku di pasaran atau tidak.
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini banyak jenis makanan yang beredar di pasar baik dalam kemasan ataupun yang di sajikan secara langsung, akan tetapi kebanyakan masyarakat pasti memilih makanan dalam bentuk kemasan. Karena lebih praktis, di samping itu juga masyarakat cenderung lebih memilih makanan yang enak, renyah, gurih, bernutrisi dan tentunya murah dan menyehatkan. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk melakukan inovasi pada jamur dengan membuat “JAMUR CRISPY LEVEL” yang mempunyai berbagai macam pilihan rasa pedas yang berbeda tingkat kepedasannya, antara lain dari level 1 sampai dengan level 10. Selain adanya perbedaan tingkat kepedasan pada masing-masing level, saya juga menembahkan beberapa pilihan rasa antara lain : rasa jagung bakar, balado, dan rasa original. Sehingga konsumen dapat memilih rasa yang mereka suka
Dalam pembuatan masakan jamur ini semuanya di buat dengan bahan yang halal dan aman di konsumsi. Kecuali bagi konsumen yang mempunyai penyakit khusus seperti alergi terhadap jamur. Selain itu juga masakan jamur ini sudah di periksa melalui tahapan pengecekan atau pemeriksaan yang sudah banyak dan di jamin untuk di konsumsi.
Konsep Usaha
Konsep usaha saya ialah menjual jajanan atau makan yaitu jamur “JAMUR CRISPY LEVEL” yang sampai saat ini masih jarang kita jumpai di kota Kudus ini. Ada beberapa yang menjual jamur crispy namun mereka kebanyakan hanya menjual yang original atau tanpa di tambah berbagai macam pilihan rasa. Dan saya mempunyai ide untuk menjual makanan ini agar orang-orang tidak bosan. Namun saya hanya menjual jamur crispy ini di rumah dan dapat di kalukan pemesanan dan pengiriman melaluai online, tetapi hanya untuk area kudus saja. Pertama-tama saya menjajakan jamur crispy saya kepada teman-teman saya, agar saya juga tau bagaimana tanggapan mereka tentang jamur crispy yang saya buat. Apakah akan diminati banyak orang atau tidak. Atau bisa di katakana laku di pasaran atau tidak.
Visi dan Misi
Dalam suatu usaha pasti memiliki visi dan misi untuk memajukan usaha tersebut, tentu menjadi seorang pengusaha itu ingin usahanya berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, jadi pasti sebuah perusahaan akan maju bila visi dan misi itu di lakukan dengan baik tanpa ada kesalahan sedikit pun, visi di sini berarti cita – cita atau impian yang ingin di capai di masa depan untuk menjamin kesuksesan jangka panjang, sedangkan misi berarti suatu tindakan untuk mewujudkan suatu visi tersebut.
Tentu disini saya memiliki sebuah visi dan misi untuk usaha jamur crispy level ini, dan Visi saya adalah :
Menjadikan salah satu produk cemilan sehat untuk di konsumsi oleh konsumen
Menjadi produk cemilan yang paling laku di daerah KUDUS
Misi kami adalah :
Mengutamakan kualitas produk
Selalu berinovasi pada produk tersebut
Melayani konsumen dengan baik seperti dalam pemilihan varian rasa yang di inginkan konsumen.
Dengan menciptakan visi dan misi tersebut, kami berharap dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa hambatan.
Tujuan
Tujuan saya dalam usaha menjual aneka masakan jamur ini adalah :
Menyarankan bahwa dalam melakukan usaha harus bisa menciptakan suatu produk yang baru.
Meningkatkan suatu mutu kerja yang tinggi.
Mengembangkan jiwa kewirausahaan
Memenuhi salah satu tugas mata kuliah kewirausahaan
Sekilas Tentang Masakan Jmur Crispy
Jamur crispy merupakan salah satu cemilan yang sehat yang sangat baik di konsumsi. Selain , jamur crispy khas Bandung ini juga memiliki cita rasa yang khas. Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein. Dibanding beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), ia berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, sekitar ada sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal.
Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.
Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.
Prospek Pasar
Di sekitar desa Ploso Jati Kudus belum ada outlet/kedai yang menjual masakan jamur Sampai saat ini bisnis sejenis yang menjual makanan ringan/cemilan sejenis di desa Poso Jati Kudus cukup diminati oleh masyarakat sekitar dan anak sekolahan. Rata-rata disekitar desa Ploso makanan ringan yang dijual berupa kentang goreng dan cimol dan lain-lain. Untuk itu saya merasa bisnis masakan jamur ini masih memiliki celah peluang untuk dapat diminati oleh masyarakat sekitar dan anak sekolahan sehubungan dengan belum adanya outlet yang menjual berbagai jenis masakan jamur di sekitar desa Ploso Jati Kudus ini.
Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat memberdayakan saya sebagai pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga saya mendapat pengalaman tentang berbinis dibidang kuliner. Sekaligus saya mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana membuat usaha/bisnis dan berorganisasi dalam menjalankannya.
Manfaat Sosial
Tidak menutup kemungkinan saya akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan saya setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan saya dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
Nama usaha : Jamur Crispy Level
Tempat usaha : Di rumah sendiri
Alamat usaha : Jl. Tambak Lulang, Desa Ploso Rt4/5 , Jati Kudus
Jenis usaha : Kuliner
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisasi Jamur Crispy Level
Nama Pemilik/CEO : Devi Sylvia Sani
Penanggung Jawab : Noor Chamid
Divisi Keuangan : Asrifah
Divisi Marketing : Muhammad Helmi Yunus
Divisi Promosi : Bagus Norman Prayoga
Deskripsi Pekerjaan
Nama Pemilik/CEO
Pekerjaan CEO bisa dikatakan sederhana, tetapi sama sekali tidak mudah. Seorang CEO memiiki tingkat tanggung jawab yang tinggi dibandingkan pekerjaan lainnya. Seorang CEO bisa bertanggung jawab atas tugas-tugas operasionalisasi sehari-hari hingga tindakan yang diperlukan dalam langkah bisnis. Dalam sebuah usaha rintisan teristimewa, peranan CEO sangatlah krusial. Ia adalah seorang pimpinan yang bertanggung jawab atas kegagalan atau kesuksesan sebuah perusahaan. Operasi, pemasaran, strategi, pendanaan, penciptaan budaya perusahaan, sumber daya manusia, perekrutan tenaga kerja, pemutusan hubungan kerja, penjualan, hubungan masyarakat, dan sebagainya. Semua urusan tersebut umumnya ditangani oleh seorang CEO.
Penanggung Jawab
Bertugas untuk yang bertanggug jawab atas usaha yang sedang di jalankan. Bila ada sesuatu atau urusan bahkan masalah, penanggung jawab akan bertanggung jawab atas kejadian tersebut sehubungan dengan usaha.
Divisi Keuangan
Divisi keuangan atau manajer keuangan merupakan fungsi kerja di suatu perusahaan yang bertugas merencanakan, menganggarkan, memeriksa, mengelola, dan menyimpan dana yang dimiliki oleh perusahaan. Seorang manajer keuangan bertanggung jawab penuh pada keuangan perusahaan dan mengambil keputasan penting dalam suatu investasi dan pembelanjaan perusahaan.
Berikut ini tugas utama manajer keuangan :
Manajer Keuangan bekerja sama dengan manajer lain, bertugas merencanakan dan meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan termasuk perpencanaan umum keuangan perusahaan
Manajer keuangan bertugas mengambil keputusan penting investasi dan berbagai pembiayaan serta semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut
Manajer keuangan bertugas dalam menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan seefisien mungkin dengan menjalin kerja sama dengan manajer lainnya
Manajer keuangan bertugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pasar keuangan sehingga bisa mendapatkan dana dan memperdagangkan surat berharga perusahaan
Divisi Marketing
Setiap bagian perusahaan memiliki fungsi masing-masing. Meskipun secara umum, tujuan dari setiap bagian tersebut adalah untuk kemajuan perusahaan. Namun secara spesifik, ada beberapa fungsi yang harus dicapai oleh setiap perusahaan. Untuk Tugas Marketing, ada beberapa hal yang menjadi fungsi dari bagian tersebut, yaitu sebagai berikut :
Peran sebagai promosi : sebagai bagian yang memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut.
Peran sebagai sales : pemasaran yang bertugas menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut.
Peran dalam konsep komunikasi pemasaran : organisasi pemasaran berperan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjembatani antara perusahaan dan lingkungan eksternal.
Peran dalam bidang pengembangan dan riset : pemasaram memiliki tugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk.
Divisi Promosi
mendesign, menetapkan, dan mengatur segala promosi di dept. pemasaran baik melalui media cetak maupun media elektronik.
menjalin layanan pelanggan via media online facebook, twitter, blackberry, dll
melaksanakan kerja humas dan membangun relationship dengan konsumen
membangun relationship dengan pihak ketiga seperti wartawan, pejabat terkait dll
mengatur, menetapkan dan menjalan kegiatan – kegiatan pelitagro spt diskusi, bakti sosial, dan event – event
mengelola pemanfaatan dana untuk divisi promosi media dan humas
dan lainnya yang dianggap perlu di bidangnya.
BAB IV
PRODUK USAHA
Produk
Kegunaan utama produk untuk memenuhi kebutuhan cemilan disela waktu istirahat disamping itu makanan cemilan ini tidak menggunakan bahan pengawet, zat-zat yang membahayakan bagi tubuh dan aman untuk dikonsumsi. Untuk menarik minat konsumen, produk dikemas dan disajikan dengan menarik, praktis dan siap dinikmati.
Peralatan
Peralatan yang di butuhkan dalam membuat jamur crispy lavel ini seperti berikut.
Piring
Sendok
Penggorengan
Mangkuk
Pisau
Toples kosong
Bahan Baku
Berikut ini adalah bahan baku yang di butuhkan untuk membuat jamur crispy level.
Jamur Tiram
Minyak Goreng
Bumbu Rasa-rasa
Tepung Bumbu
Proses Produsksi
Proses produksi dilakukan secara sederhana.
Cuci bersih jamur.
Tiriskan jamur.
Siapkan tepung bumbu rasa dalam mangkuk.
Balurkan jamur ke dalam tepung bumbu yang tersedia.
Panaskan minyak goreng.
Masukkan jamur ke dalam wajan yang berisi minyak goreng.
Goreng jamur hingga warnanya keemasan.
Angkat jamur dan tiriskan.
Kemudian campur dengan bumbu perasa sesuai keinginan
Sajikan
Jenis-jenis Produk
Berikut ini adalah daftar menu atau jenis-jenis dari produk jamur crispy.
Jamur Crispy Level 1 – 10
Jamur Crispy Balado
Jamur Crispy Jagung Bakar
Jamur Crispy Ayam Bawang
Jamur Crispy Daging Panggang
Kelebihan Produk
Kelebihan dari produk saya ini iyalah di buat dengan bahan-bahan yang 100% halal untuk di konsumsi masyarakat Indonesia yang myoritan pendududknya beragama islam. Selain itu produk saya ini juga di buat dengan bahan-bahan yang menyehatkan yang dapat di konsumsi semua kalangan. Dan sangat di jamin bahwa setiap konsumen yang membeli produk saya akan merasa puas akan cemilan atau makanan ini.
BAB V
ASPEK PEMASARAN
Target dan segmentasi pasar
Strategi pemasaran yang dilakukan :
Keterangan Produk
Mutu :Jamur Crispy Level yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan berkualitas. Berbeda dari kualitas yang kebanyakan dijual.
Kemasan :Tidak ada kemasan atau masih berlabel.
Harga Produk
Harga : Rp. 8000/bungkus
Syarat pembayaran : Cash tunai
Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang saya tawarkan di atas, sehingga ada sistem marketing yang saya terapkan yaitu Direct Selling & Delivery Ordew kami akan melakukan penjualan langsung di di rumah dan sekitarnya dan juga dapat mengantar pesanan konsumen untuk area KUDUS saja.
Targeting
Targeting adalah memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar. Target pasar yang saya tuju adalah sebagai makanan konsumsi siswa-siswi SMA/SMP Al-Ma’ruf untuk segala umur dan semua golongan, baik siswa-siswi kelas X, XI, maupun kelas XII. Dan juga warga sekitar desa saya ini.
Faktor kompetitif
Menurut hasil survey saya orang yang memiliki usaha seperti saya yaitu menjual jamur crispy di kota KUDUS ini hanya 2 orang saja namun dengan lebel yang sama. Dan dapat saya lihat perbedaan dari yang mereka jual dengan apa yang saya jual perbedaan itu sagat jelas sekali yaitu mereka hanya menjual jamur crispy dengan sedikit rasa. Tidak seperti usaha saya yang menyuguhkan atau menjual kepada konsumen jamur crispy yang memiliki pilihan rasa dan juga ada pilihan tingkat kepedasan. Sehingga konsumen tidak jenuh atau bosan dengan pilihan rasa yang cuma itu-itu saja. Dengan begini saya dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen yang ini mencicipi lbih banyak rasa dengan jamur crispy.
Namun selain perbedaan pilihan rasa, produk mereka dan produk saya juga memiliki perbedaan lain yaitu terletak pada harga. Mereka menjual jamur crispy dengan harga kisaran Rp. 3000,- sampai dengan Rp. 5000,- . itu adalah harga yang sangat terjangkau bagai kalangan anak-anak atau siswa siswi. Sedangkan produk saya, saya jual dengan kisaran harga Rp. 7000,- untuk yang rasa original dan yang rasa-rasa Rp. 8000,- sedangkan untuk yang level seharga Rp. 8500,- .
Rencana Penjualan
Produk JAMUR CRISPY LEVEL ini di jual atau di pasarkan melaluai online. Yaitu dengan cara memromosikan kepada pengguna sosial media agar mereka tertarik dan penasaran terhadap produk saya sehingga mereka tertarik dan mencobanya. Para konsumen yang ini membeli produk ini dapat langsung mengunjungi rumah saya untuk membeli langung. Atau pun konsumen dapat melakukan pemesanan melalu media sosial dimana saya juga sudah menginfokan kontak atau nomor yang dapat di hubungi konsumen bila ingin memesan produk saya. Selain itu konsumen juga dapat melaku delivery order sehingga konsumen yang sedang tidak dapat keluar rumah tetap dapat menikmati jamur crispy yang mereka inginkan.
Positioning
Positioning adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat menciptakan kesan tertentu di benak konsumen. Seperti saya positionong nya yaitu “Jamur Crispy Level”
Marketing Mix
Strategi pemasaran saya menerapkan marketing mix yang di kelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu Product, Price, Promotion, Place.
Product
Produk adalah segala sesuatu yang di tawarkan oleh produsen kepada konsumen agar diminta, dibeli, dicari, dan diinginkan oleh pasar yang bersangkutan. Produk yang saya tawarkan yaitu produk jamur crispy yang memiliki kualitas terbaik, dengan nilai gizi yang tinggi, yang sekaligus dapat menyehatkan dan berkhasiat obat. Sebagai makanan vegetarian, jamur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena mengandung asam amino, essensial, protein tinggi, vitamin, mineral, dan serat yang cukup tinggi. Khasiat nya untuk mencegah darah tinggi, diabetes, anemia, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Price
Price merupakan ekspresi nilai yang mengenai kegunaan atau kualitas produk itu sendiri, citra yang terbentuk oleh saya yaitu melalui promosi, selain itu ketersediaan produk kami melalui pelayanan sehingga pricing bukan semata-mata biaya produksi dan keuntungan saja yang kami ambil, melainkan sebuah nilai yang mencerminkan. Dalam menentukan harga jamur crispy ini, saya memberikan harga yang tepat kepada konsumen agar ikatan antara produsen dan konsumen berjalan dengan baik. Harga yang di tawarkan oleh saya adalah satu bungkus Rp. 8.000
Promotion
Promotion adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dalam mempromosikan produk, promosi yang kita lakukan melalui brosur dan tatap muka langsung dengan konsumen yaitu dengan melakukan proses komunikasi tentang produk jamur crispy. Bahwa produk jamur crispy saya banyak manfaatnya, selain itu saya sebagai produsen harus bisa memberikan komunikasi yang efektif mudah dimengerti oleh konsumen, sehingga konsumen tertarik pada produk kami.
Place
Place adalah bidang atau wadah yang digunakan sebagai tempat usaha yang akan saya jalankan nantinya. Saya harus memilih tempat usaha yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan untuk saya. Maka dari itu tempat yang saya pilih harus memiliki kriteria sebagai berikut :
Strategis
Bisa diakses dengan mudah
Dapat dilihat oleh konsumen
Pada saat ini hanya memasarkan disekitar sekolah saja yang juga dekat dengan masyarakat sekitar. Karena saya mendapatkan tugas dari kampus akan tetapi jika saya berkeinginan membuat distribusi pada sebuah produk yang saya pasarkan saya bisa memilih distribusi melalui berupa toko atau pusat pasar. Dan yang terpenting saya harus bisa memilh tempat yang tepat dalam mendistribusikannya.
Analisis SWOT
Perkembangan dunia usaha saat ini mengalami kemajuan cukup pesat, namun tingkat persaingan cukup ketat, disamping itu banyak bermunculan berbagai macam jenis produk baru, yang mempunyai satu tujuan yang sama yaitu keinginan untuk bisa menghasilkan produk yang bermutu dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan atau konsumen serta memperoleh keuntungan yang besar. Analisis disini diperlukan untuk menentukan apakah usaha yang dilakukan sekarang cukup layak dari segi bisnis dalam arti bisa dipasarkan secara luas namun bisa diterima masyarakat sekitar dan siswa-siswi sekitar oleh karena itu saya mencoba menganalisis pemasaran jamur crispy sesuai SWOT, sedangkan ANALISIS SWOT adalah suatu audit pemasaran yg rutin dan menyeluruh dalam suatu langkah yang terstruktur dapat memberi suatu perusahaan pengetahuan akan bisnis, trend di pasar, dan dimana perusahaan pesaing memberi nilai tambahan.
Strengths (Kekuatan)
Dalam usaha produk Jamur Crispy ini memiliki Strengths (Kekuatan), antara lain :
Bahan baku yang mudah di dapat dan murah
Tidak tergantung pada musim, karena jamur crispy lebih mudah di dapatkan dan di gemari konsumen
Harga jual relative stabil, sehingga resiko kerugian sangat kecil
Bisa dijalankan oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang pendidikan, asal ada kemauan dan keseriusan pasti bisa menjalankan usaha ini
Perawatan yang mudah dan murah, karena tidak memerlukan biaya tambahan
Weakness (Kelemahan)
Dalam usaha produk Jamur Crispy ini memiliki Weakness (Kelemahan), antara lain :
Jamur yang mudah busuk sehingga dapat menurunkan kualitas
Susah menjaga kepercayaan terhadap pelanggan jika bisnis ini secara online
Jika terjadi perubahan suhu atau cuaca yang sangat ekstrim bisa mengakibatkan penurunan kualitas produk
Produk kami tidak tahan lama
Opportunities (Peluang/Kesempatan)
Dalam usaha produk jamur crispy ini memiliki Opportunities (Peluang/kesempatan), antara lain :
Peluangnya cukup besar untuk di kembangkan
Memberikan keuntungan yang cukup besar
Banyak orang indonesia yang menyukai jenis makanan vegetarian
Threats (Ancaman)
Tentu dalam suatu usaha produk pasti memiliki ancaman, bagi kelompok kami, ancaman di dalam usaha jamur crispy kami antara lain :
Produk mudah ditiru
Terbatasnya bahan-bahan yang di butuhkan
Banyak pesaing yang menawarkan harga yang lebih murah
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
Biaya-biaya
Biaya tetap
No
Perlengkapan
Jumlah (unit)
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
1
Penggorengan
1
20.000
20.000
2
Piring
5
2.000
10.000
3
Mangkok
3
2.500
7.500
4
Sendok
5
1.000
5.000
5
Toples Kosong
15
2.000
30.000
6
Pisau
2
5.000
10.000
TOTAL
82.500
Biaya bahan baku
Bahan Baku
Kebutuhan Rata-Rata Per Hari
Harga Untuk Satu Hari Produksi
Kebutuhan Rata-Rata Per Bulan
Harga Untuk Satu Bulan Produksi
Jamur Tiram
1 Kg
16.000
30 Kg
480.000
Tepung
2 Bungkus
25.000
60 Bungkus
750.000
Minyak Goreng Fortune
2 Liter
22.000
60 Liter
660.000
Bumbu Rasa
9 Ons
45.000
270 0ns
1.350.000
Cup untuk Kemasan
50 Pcs
40.000
1500 Pcs
1.200.000
Sumpit
2 Pcs
6.000
60 Pcs
180.000
Biaya Lain-lain
-
12.000
-
360.000
Jumlah/hari
166.000
Jumlah/bulan
4.980.000
Biaya lain-lain
No
Perlengkapan
Harga (Rp)
1
Air dan listrik
500.000
2
Transport
200.000
3
Sarana Promosi
500.000
TOTAL
1.200.000
Total Biaya Usaha
No
Jenis Biaya
Jumlah Biaya (Rp/Bulan)
1
Biaya Tetap
82.500
2
Biaya Bahan Baku
4.980.000
3
Biaya Lain- lain
1.200.000
TOTAL
6.262.000
Proyeksi Laba Rugi Jamur Crispy Level
PROYEKSI LABA RUGI
JAMUR CRISPY LEVEL
Pendapatan Penjualan Rp. 8.000 x 1.000 Rp. 8.000.000
Biaya-biaya :
Biaya Tetap Rp. 82.000
Biaya Bahan Baku Rp. 4.980.000
Biaya Lain-lain Rp. 1.200.000 -
TOTAL BIAYA Rp. 1.738.000
LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING PER HARI
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
11/11/2014
Kas
Rp. 270.000
Rp. 270.000
2
11/11/2014
Jamur Tiram (1 Kg)
Rp. 16.000
Rp. 254.000
3
11/11/2014
Tepung (2 Bungkus)
Rp. 25.000
Rp. 229.000
4
11/11/2014
Minyak Goreng Fortune (2 liter)
Rp. 22.000
Rp. 207.000
5
11/11/2014
Bumbu Perasa (2 Ons)
Rp. 8.000
Rp. 199.000
6
11/11/2014
Cup untuk Kemasan (50 Pcs)
Rp. 40.000
Rp. 159.000
LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING PER HARI
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
12/11/2014
Kas
Rp. 159.000
Rp. 159.000
2
12/11/2014
Dabel tip
Rp. 4.000
Rp. 155.000
3
12/11/2014
Laminating
Rp. 6.000
Rp. 149.000
4
12/11/2014
Print
Rp. 2.000
Rp. 147.000
5
12/11/2014
Sumpit (2 Pcs)
Rp. 6.000
Rp. 141.000
6
12/11/2014
Bumbu Perasa (7 Pcs)
Rp. 35.000
Rp. 106.000
7
12/11/2014
Penjualan 15 Cup
Rp. 75.000
Rp. 181.000
8
12/11/2014
Jamur Tiram (2 Kg)
Rp. 32.000
Rp. 149.000
9
12/11/2014
Tepung (2 Bungkus Besar)
Rp. 33.000
Rp. 116.000
10
12/11/2014
Persediaan Akhir
Rp. 70.100
Rp. 186.100
LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING PER HARI
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
26/11/2014
Kas
Rp. 306.000
Rp. 306.000
2
26/11/2014
Jamur Tiram (2 Kg)
Rp. 40.000
Rp. 266.000
3
26/11/2014
Tepung (5 Bungkus)
Rp. 32.500
Rp. 233.500
4
26/11/2014
Minyak Goreng Fortune (2 liter)
Rp. 23.000
Rp. 210.500
6
26/11/2014
Cup untuk Kemasan (50 Pcs)
Rp. 13.000
Rp. 197.500
LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING (CRISPY)
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
12/11/2014
Penjualan 15 Cup
Rp. 75.000
Rp. 75.000
2
12/11/2014
Pembelian Bahan Baku
Rp. 65.000
Rp. 10.000
3
12/11/2014
Kas
Rp. 116.000
Rp. 126.000
4
13/11/2014
Aan + Nurul
Rp. 30.000
Rp. 156.000
5
13/11/2014
Penjualan 32 Cup
Rp. 160.000
Rp. 316.000
6
25/11/2014
Pembelian Bahan Baku
Rp. 108.500
Rp. 207.500
7
26/11/2014
Penjualan 26 Cup
Rp. 130.000
Rp. 337.500
BAB IX
ANALISA PROPOSAL DENGAN KETERKAITAN JURNAL
Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM, Nomor: 06/Per/M.KUKM/XI/2012 mendorong dan mengakselerasi pemberdayaan Koperasi dan UMKM serta meningkatkan daya saing. Strategi yang diterapkan pada usaha kecil diantaranya adalah menjadikan usaha yang mandiri, sehat, kuat, serta memberdayakan diri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, mendukung perluasan kesempatan kerja dan penurunan jumlah kemiskinan dalam rangka mewujudkan demokrasi ekonomi.
Langkah-Langkah Pemberdayaan Usaha Kecil.
Pemberdayaan bagi masyarakat sangatlah penting (termasuk usaha kecil) (Wirutomo, dkk, 2003) Kondisi tersebut dapat dilaksanakan apabila didukung oleh kelembagaan lokal yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sesuai dengan dinamika dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Praktik pemberdayaan usaha kecil, dapat dilakukan melalui langkah-langkah (Karsidi, 2005) identifikasi potensi,analisis kebutuhan, rencana program kerja bersama, monitoring dan evaluasi. Langkah pemberdayaan memerlukan strategi. Strategi merupakan cara mencapai tujuan dengan melibatkan semua faktor andalan dalam organisasi.
Hubungan Strategi bisnis dan Stratregi SDM
Terdapat empat tipologi strategi sumber daya manusia yang disebut tipe Baseball Team, Club, Academy, dan Fortress. Fokus dari masing-masing tipologi strategi sumber daya manusia bersesuaian dengan strategi organisasi yang dikembangkan oleh Miles dan Snow, yaitu Prospektor, Defender, Academy dan Analyzer. Konsep sebagi organi zational diognosis (OD) adalah penilaian yang sistematis dan keterkaitan antara praktik-praktik organisasi dengan tujuan-tujuan bisnis (Ulrich, 1997:66).
BAB VII
PENUTUP
Kesimpulan
Menurut saya dalam mengembangkan suatu usaha itu harus mempunyai kemauan dan tentunya berusaha bahwa pasti bisa, bisa untuk memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen dan tentunya tidak mengecewakan konsumen. Dan disaat itulah pasti usaha yang kita lakukan bisa tercapai dengan sukses.
Saran
Saya menyarankan bahwa membuat suatu produk makanan itu mudah, hanya berbekal niat, bersungguh-sungguh, dan kemauan untuk berusaha.
Motto
Dalam melakukan suatu usaha, jika kita sudah niat, berdo’a, dan berusaha pasti usaha yang kita jalankan akan selalu sukses dan berjalan dengan lancar.
DAFTAR PUSTAKA
Sukirman, 2014. Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Menuju Kemandirian Usaha dengan Menerapkan Manajemen Profesional, Kudus, Universitas Muria Kudus.
http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/ilmu_manajemen/article/view/252
Caesars Palace Casino Near Santa Clarita - MapyRO
BalasHapusFind the perfect caesars palace casino near Santa Clarita 순천 출장안마 and other 여주 출장샵 places 문경 출장샵 to 군포 출장마사지 stay, such as San Pablo, Tulalip Resort 포항 출장안마 and Casino in San